Tautan-tautan Akses

PERTANDINGAN BASEBALL KEJUARAAN AMERIKA - 2003-10-21


Pertandingan Baseball Kejuaraan Amerika, yang disebut "World Series" dimulai hari Sabtu, 18 Oktober 2003. Menurut penilaian banyak warga Amerika, yang bertanding adalah tim-tim yang tidak populer.

Sebenarnya, tim baseball Boston Red Sox dan tim Chicago Cubs -- yang sebagian orang menjuluki mereka sebagai tim-tim yang sering kalah tetapi tetap disukai merupakan tim-tim favorit penonton, yang diharapkan saling berhadapan dalam World Series ke-99. Kedua tim yang populer itu senantiasa berusaha mencari segala macam cara supaya jangan sial, yang selalu menjadi pembicaraan orang di kedua kota itu. Tim Chicago Cubs belum pernah memenangkan kejuaraan World Series sejak 1908, sedangkan Boston Red Sox tidak pernah menang sejak 1918.

Tetapi, sebaliknya, Tim New York Yankees, telah menang 26 kali. Tim New York Yankees menghadapi tim Florida Marlins, tim yang tidak banyak penggemarnya dan belum banyak tercatat dalam sejarah World Series. Tim Marlins, yang berkedudukan di kota Miami, baru terbentuk dalam tahun 1993.

Tim New York Yankees menyusul dengan kuat dari ketinggalannya dan mengalahkan tim Boston Red Sox dalam pertandingan playoff ke-7 yang sangat penting, Kamis malam lalu untuk bisa masuk dalam babak kualifikasi pertandingan World Series. Tim Florida Marlins juga menyusul gencar dalam pertandingan ke-7 mereka yang sangat penting untuk menyisihkan tim Chicago Cubs.

Kekalahan tim Chicago Cubs dan tim Boston Red Sox sangat mengecewakan banyak penggemar Amerika, dan menyedihkan para penggemar mereka, yang paling setia kepada tim-tim itu.

Seluruh penggemar di New England kecewa kalau Boston Red Sox kalah, sedangkan sebagian besar daerah Amerika barat-tengah sedih kalau tim Chicago Cubs kalah. Kekalahan mereka menimbulkan inspirasi. Kedua tim bermain sangat bagus tahun ini. Seluruh Amerika sangat gembira ketika kedua tim bertemu dalam pertandingan playoff musim gugur ini. Bagaimanapun, kalau mereka saling berhadapan dalam World Series, hanya satu yang menang.

World Series merupakan salah satu pertandingan olahraga yang paling menarik. Namun demikian, karena pertandingan baseball selalu diadakan di Amerika atau di Canada, World Series tidak merupakan "pertandingan olah raga yang benar-benar merupakan kejuaraan sedunia".

Namun pertandingan baseball semakin menarik perhatian internasional. Tim Major League Baseball memiliki pemain-pemain yang berasal dari 20 negara lebih. Hideki Matsui dari Jepang merupakan pemain hebat bagi tim New York Yankees dalam pertandingan-pertandingan playoff. Dia akan menjadi pemain penting dalam World Series. Sungguh mengejutkan bahwa lebih dari 70 pemain Major League Baseball berasal dari Republik Dominika, yang berpenduduk tujuh juta lebih.

Pertandingan itu diadakan di 100 negara lebih dengan menamp[ilkan liga-liga profesional, antara lain di Jepang, Korea dan Taiwan. Sejak 1992 baseball telah dinyatakan sebagai cabang olahraga Olimpiade.

Little League World Series, bagi pemain yang berumur paling tinggi 12 tahun, dimainkan di Amerika Serikat. Namun selama puluhan tahun ini pertandingan itu didominasi oleh tim-tim Asia. Sejak 1967, tim-tim dari Korea telah menang dua kali, Taiwan 19 kali dan Jepang 5 kali, termasuk dalam tahun 2003.

Diterjemahkan oleh Purwati Soeprapto

XS
SM
MD
LG