Tautan-tautan Akses

Penduduk Muslim Di Dunia Memulai Puasa Ramadan Hari Ini - 2002-11-06


Orang Muslim di seluruh Timur Tengah dan di seluruh dunia bersiap-siap melakukan ibadah bulan Ramadan.

Puasa selama 30 hari dari matahari terbit sampai matahari terbenam adalah untuk memperingati Allah menurunkan kitab suci Al Qur’an kepada Nabi Mohammad.

Menurut kalender Islam permulaan Ramadan berbeda-beda dari tahun-ke-tahun. Puasa dimulai dinihari setelah terlihatnya bulan sabit yang baru. Tetapi para pemuka keagamaan di dibeberapa negara Muslim sudah mengumumkan bulan-baru itu kemungkinan terlihat Selasa atau Rabu malam, yang berarti puasa dimulai keesokan harinya.

Di Arab Saudi, yang merupakan pusat agama dari kurang lebih satu milyar orang Muslim di dunia, pihak berwenang kegamaan menganjurkan umat untuk memperhatikan bulan baru itu Selasa malam. Sementara di Mesir, Irak, Kuwait, Lebanon, Qatar dan Siria dan Persatuan Emirat Arab , Ramadan resminya dimulai hari Rabu.

Di Indonesia, yang penduduk Muslimnya terbesar di dunia, Menteri Urusan Agama mengumumkan Ramadan juga akan dimulai hari Rabu. Sementara di Bangladesh, bulan puasa akan dimulai hari Kamis. Sementara, Presiden Bush telah mengirim ucapan selamat Ramadan kepada orang Muslim didunia. Ia menyebut Islam -- agama cinta damai dan mengatakan orang Muslim mencerminkan hal ini melalui santunan kepada mereka yang berkekurangan.

XS
SM
MD
LG