Tautan-tautan Akses

Karzai: Afghanistan Membutuhkan Tentara Nasional - 2002-02-06


Pemimpin sementara Afghanistan Hamid Karzai mengatakan, pertempuran antar faksi yang hebat pekan lalu menunjukkan perlunya dibentuk suatu tentara nasional.

Di Kabul, Karzai menyalahkan terjadinya pertikaian untuk menguasai propinsi Paktia tersebut sebagian karena diangkatnya gubernur Padshah Khan. Karzai mengatakan, gubernur tersebut tidak mempunyai hak untuk menggunakan tentaranya untuk mendongkel lawan politiknya. Lawan Padshah tersebut akhirnya mengalahkan tentara Khan yang mengusir mereka keluar dari kota Gardez.

Karzai mengatakan hal itu setelah mengadakan pertemuan dengan menteri pertahanan Inggris Geoff Hoon yang sedang berkunjung ke Kabul. Karzai mengatakan, dia menggunakan pertemuan tersebut untuk mengulangi lagi permintaannya agar pasukan penjaga perdamaian ditambah jumlahnya sehingga bisa beroperasi di luar wilayah kota Kabul.

Namun Hoon mengatakan bahwa pertikaian antar suku ini masih bisa dikendalikan. Setelah pertemuan tersebut, Karzai mengatakan bahwa penempatan pasukan penjaga perdamaian asing saat ini sudah memadai.

Sementara itu, kedua pihak yang bertempur untuk menguasai kota Gardez di sebelah timur telah saling menukar tawanan, setelah para juru runding dari pemerintahan sementara mencoba untuk menciptakan gencata senjata bersyarat di wilayah itu. Para juru runding mengatakan, negosiasi tersebut masih terus berjalan dan masih alot.

XS
SM
MD
LG