Tautan-tautan Akses

Ledakan di Tetovo Tewaskan Dua Orang - 2001-08-26


Sebuah ledakan di Macedonia bagian barat laut menewaskan dua orang penjaga keamanan, sementara NATO bersiap-siap akan melucuti senjata pemberontak etnis Albania, dalam usaha memulihkan perdamaian di Macedonia.

Ledakan di luar kota Tetovo itu menghancurkan sebuah motel milik seorang warga Macedonia. Mayoritas populasi Tetovo adalah etnis Albania, dan televisi pemerintah Macedonia mengatakan, ledakan itu dilakukan oleh pemberontak Albania.

Sementara itu, para pejabat NATO dan Macedonia hari ini bertemu lagi dalam usaha menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai jumlah senjata yang harus dikumpulkan dari pemberontak Albania.

Perundingan terhenti kemarin di Skopje tanpa persetujuan. PM Macedonia Ljubco Georgi-evski mengatakan, maksud NATO untuk hanya mengumpulkan tiga ribu pucuk senjata selama satu bulan yang akan datang, adalah menggelikan. Ia berkeras, lebih dari 80 ribu pucuk senjata berada di tangan pemberontak.

Usaha pelucutan senjata selama sebulan itu dijadualkan dimulai hari Senin besok. NATO menyatakan harapan, misi itu akan membantu mengakhiri konflik yang telah berlangsung selama enam bulan di Macedonia.

Sementara itu, kekerasan di Macedonia telah menjalar ke Kosovo, di mana sekelompok pemberontak Albania melepaskan tembakan ke arah pasukan perdamaian dari Amerika, Wartawan VOA Jeff Bieley melaporkan dari Skopje, tentara Amerika membalas tembakan, melukai seorang pemberontak dan berhasil menawan empat lainnya

XS
SM
MD
LG