Tautan-tautan Akses

Cina Dukung Usulan Arafat, Militer Israel Lanjutkan Invasi ke Palestina - 2001-08-24


Pemimpin Palestina Yasir Arafat tiba di Beijing pada awal kunjungan untuk mengupayakan peran Cina yang lebih besar dalam usaha perdamaian Timur Tengah. Arafat terbang ke ibukota Cina itu Kamis malam dari Islamabad dan New Delhi, dimana ia bertemu dengan para pemimpin Pakistan dan India pada awal lawatannya ke Asia itu. Di masing-masing ibukota ia mengusahakan bantuan agar perundingan antara Palestina dan Israel dapat dibuka kembali.

Di Beijing, pertama-tama Yasser Arafat bertemu dengan Li Peng, Ketua Kongres Rakyat Nasional Cina, dan kemudian mengadakan pertemuan dengan Presiden Jiang Zemin. Sebelum Arafat tiba di Beijing, Cina menyerukan lagi kepada Israel dan Palestina agar mengekang diri dan mendesak kedua pihak agar melanjutkan perundingan perdamaian. Baru-baru ini Cina mengutuk Israel karena menggunakan kekerasan dan mendukung himbauan Palestina agar ditempatkan pemantau internasional di wilayah Palestina yang diduduki Israel. Beijing juga menyatakan mendukung usul pihak Palestina untuk mengirim pengamat internasional ke wilayah itu - gagasan yang ditentang Israel dan AS.

Berita terakhir dari Palestina menyebutkan tentara Israel telah masuk sebentar ke wilayah Palestina di kota Hebron yang terbagi dua di Tepi Barat dan menghancurkan dua gedung yang digunakan oleh orang-orang bersenjata Palestina. Pihak militer Israel mengatakan, tentara dalam kendaraan jeep dan kendaraan pengangkut tentara berlapis baja semalam masuk ke wilayah itu - setelah dua anak laki-laki-kakak-ber-adik Israel, salah satunya 11 tahun, ditembak dan cedera di pemukiman Yahudi, tidak jauh dari sana. Invasi itu menyebabkan tembak-menembak yang sengit antara tentara Israel dan orang-orang bersenjata Palestina. Sumber-sumber rumahsakit Palestina mengatakan, 15 orang Palestina cedera. Mereka mengatakan, laporan sebelumnya bahwa dua orang Palestina tewas - tidak benar. Pihak militer Israel mengatakan, seorang tentara Israel luka ringan dalam insiden itu.

XS
SM
MD
LG