Tautan-tautan Akses

Zionisme Tetap Dalam Agenda Konferensi Rasisme, Aktivis Tuntut Agar Israel Diisolir - 2001-08-19


Mentri Luar Negeri Afrika Selatan Nkosazana Dlamini-Zuma mengatakan rancangan deklarasi menyamakan Zionisme dengan rasisme -- tetap dalam agenda konferensi PBB yang akan dibuka di kota Durban pada akhir bulan ini. Dlamini- Zuma mengatakan hal itu hari Ahad (19/8) dalam program televisi yang disiarkan secara nasional.

AS telah mengancam akan memboikot dan sangat membatasi partisipasinya dalam Konferensi Sedunia Menentang Rasisme karena penggambaran yang diusulkan mengenai Zionisme dengan menyamakan dengan rasisme, dan karena tuntutan negara-negara Afrika agar ada reparasi untuk perbudakan di masa lalu. Menlu Afrika Selatan itu mengisyaratkan kompromi mungkin dicapai, tetapi ia mengatakan tidaklah mungkin bagi para delegasi untuk menolak seluruh pembicaraan mengenai situasi di Timur Tengah.

Sementara, sekurang-kurangnya seribu pendukung Palestina melancarkan rapat umum di Afrika Selatan, menuntut agar Israel diisolir selama konferensi mengenai rasisme mendatang di sana. Dutabesar Palestina untuk Afrika Selatan membandingkan kebijakan Zionisme Israel dengan kebijakan rezim apartheid kaum supremasi kulit putih Afrika Selatan. Para demonstran mendesak Afrika Selatan agar menggunakan pengaruhnya dengan negara-negara non blok untuk membantu meng-isolir Israel.

XS
SM
MD
LG