Tautan-tautan Akses

Yordania Bantah Terlibat dalam Pembunuhan Zarqawi


Pejabat-pejabat Yordania membantah klaim bahwa agen-agen rahasia Yordania berperan dalam pembunuhan tokoh Al Qaida Irak.

<!-- IMAGE -->

Pejabat-pejabat Yordania membantah klaim dalam video terbaru seorang agen ganda yang menewaskan seorang warga Yordania dan tujuh agen CIA di Afghanistan.

Humam Khalil Abu-Mulal al-Balawi, dalam tayangan video yang dimuat situs-situs militan mengatakan agen-agen rahasia Yordania berperan dalam pembunuhan tokoh Al Qaida di Irak, Abu Musab al-Zarqawi dan komandan Hezbollah Imad Mughniyeh.

Zarqawi tewas dalam serangan udara Amerika di Irak tahun 2006, sedangkan Mughniyeh tewas 2008 akibat bom mobil di Syria.

Jurubicara pemerintah Yordania hari Senin mengatakan klaim Balawi itu " bohong". Dalam video itu, Balawi juga mengatakan tadinya seorang perwira Yordania adalah sasaran utamanya dan undangan bertemu dengan para pejabat CIA diluar dugaannya dan ini perkembangan yang ia sambut.

Balawi di rekrut dinas intelijen Yordania dan dikirim ke Afghanistan dan Pakistan untuk menyusup ke jajaran petinggi Al Qaida. Pejabat-pejabat intelijen Amerika mengatakan mereka mempercayai Balawi setelah ia memberi informasi yang berharga.

XS
SM
MD
LG