Tautan-tautan Akses

President Bachelet: Gempa Tak Ada Bandingannya dalam Sejarah Chili


<!-- IMAGE -->

Presiden Chili Michelle Bachelet mengatakan gempa berkekuatan 8,8 skala Richter, yang menghancurkan bagian tengah negara itu dan menyebabkan sekitar dua juta penduduk kehilangan tempat tinggal, adalah keadaan darurat yang tidak ada tandingannya dalam sejarah Chili.

Pasukan keamanan mengatakan, hari Senin ini mereka telah menangkap puluhan orang karena melanggar jam malam dan melakukan penjarahan di sekitar kota Concepcion dan kawasan Maule.

Seorang juru bicara PBB mengatakan, pemerintah Chili telah secara resmi meminta kepada PBB bantuan pemulihan akibat gempa.

Presiden Bachelet mengirim 10.000 tentara ke kawasan yang terkena gempa untuk memulihkan ketertiban, dan ia mengumumkan kesepakatan dengan jaringan-jaringan toko pangan untuk mendistribusikan makanan gratis.

Bachelet juga menjanjikan pengiriman makanan, air dan tenda untuk ribuan orang yang tinggal di jalan-jalan.

Presiden Bachelet ragu untuk meminta bantuan internasional ketika gempa menghantam pertamakali, tapi kemudian menyerukan permohonan bantuan ketika jumlah korban tewas meningkat hingga lebih dari 700 orang. Para pejabat memperkirakan jumlah itu akan meningkat sementara para petugas penyelamat terus melakukan usaha pencarian di tengah-tengah reruntuhan.

XS
SM
MD
LG