Tautan-tautan Akses

PM Spanyol Dukung Keanggotaan Turki dalam Uni Eropa


<!-- IMAGE -->

Perdana Menteri Spanyol, Jose Luiz Rodriguez Zapatero, berjanji meningkatkan pembicaraan keanggotaan Turki dalam Uni Eropa, pada masa kepresidenan Spanyol dalam Uni Eropa yang sedang berjalan sampai akhir Juni.

Setelah pertemuan di Madrid hari Senin dengan Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, Zapatero menyatakan lagi dukungan kuat Spanyol pada usaha Turki untuk menjadi anggota Uni Eropa. Ia mengatakan ia berharap untuk memulai perundingan dengan Turki mengenai masalah kebijakan yang sebanyak mungkin sebelum masa kepresidenan Spanyol dalam Uni Eropa berakhir bulan Juni.

Calon-calon anggota Uni Eropa harus mengkoordinasi kebijakan dengan Uni Eropa dalam 35 bidang. Pembicaraan dengan Turki sedang berjalan hanya mengenai 12 bidang, dan perundingan mengenai delapan lainnya dibekukan karena keadaan di Siprus.

Zapatero mengatakan ia berharap untuk membuka pembicaraan dengan Turki dalam empat bidang lagi, yaitu pendidikan, prasarana, energi dan kesehatan binatang. Ia diperkirakan akan membicarakan masalah keanggotaan Turki dengan Komisi Eropa hari Selasa.

XS
SM
MD
LG