Tautan-tautan Akses

Presiden Haiti: Total Korban Gempa Bumi Bisa Capai 300.000 Orang


<!-- IMAGE -->

Presiden Haiti mengatakan korban tewas dari bencana gempa bumi bulan lalu bisa mencapai 300.000 orang, apabila mayat-mayat yang terkubur di bawah reruntuhan bangunan sudah ditemukan semuanya.

Presiden Rene Preval hari Minggu mengatakan bahwa lebih dari 200.000 jenazah telah dikeluarkan dari jalan-jalan di Haiti, tapi korban lainnya yang tersisa diyakini masih berada di bawah reruntuhan gedung.

Berbicara dalam pertemuan para pemimpin regional Amerika Latin dan Karibia di Meksiko, Rene Preval mengatakan kebutuhan mendesak bagi rakyat Haiti saat ini adalah tempat penampungan darurat.

Sekitar 1,5 juta rakyat Haiti masih tinggal di kamp-kamp tenda yang penuh sesak, dan petugas pemberi bantuan mengatakan kondisi mereka bisa menyebabkan terjadinya wabah penyakit ketika musim hujan tiba bulan Maret.

Gempa tanggal 12 Januari menghancurkan ibukota Haiti, Port-au-Prince, dan daerah sekitarnya menjadi puing-puing. Menurut data terbaru, sedikitnya 217.000 orang tewas dan lebih dari satu juta orang lainnya kehilangan tempat tinggal.


XS
SM
MD
LG