Tautan-tautan Akses

Pembicaraan AS-Kuba Soal Migrasi Dimulai Lagi


<!-- IMAGE -->

Pejabat-pejabat Amerika dan Kuba bertemu di Havana hari Jumat untuk pembicaraan putaran baru mengenai isu-isu migrasi.

Departemen Luar Negeri Amerika awal pekan ini mengatakan perundingan itu akan difokuskan pada bagaimana menggalakkan migrasi yang aman, sesuai hukum dan teratur antara Kuba dan Amerika.

Diplomat Craig Kelly, pejabat departemen luar negeri urusan Belahan Barat, memimpin delegasi Amerika dalam pembicaraan itu.

Pembicaraan itu dimulai kembali selagi Kuba tetap menahan kontraktor Amerika yang dituduh Havana melakukan misi mata-mata. Amerika secara tegas menolak tuduhan itu, dengan mengatakan bahwa kontraktor itu bekerja untuk Development Alternatives, perusahaan swasta di luar kota Washington DC. Perusahaan tersebut mengatakan pria itu, yang ditahan bulan Desember, ikut dalam program yang didanai pemerintah Amerika guna memperkuat masyarakat madani di Kuba.

Pemerintahan Obama memulai kembali pembicaraan mengenai migrasi dengan Kuba tahun lalu sebagai bagian dari upaya untuk memperbaiki hubungan dengan negara komunis di kepulauan Karibia itu. Mantan Presiden Amerika George W. Bush telah menangguhkan pembicaraan migrasi tahun 2003.

Departemen Luar Negeri September lalu mengutus diplomat senior lain, Bisa Williams, ke Havana untuk membahas dimulainya lagi layanan pos secara langsung, yang ditangguhkan sejak tahun 1963.



XS
SM
MD
LG