Tautan-tautan Akses

Pasukan NATO dan Afganistan Mulai Serangan Ke Afghanistan Selatan


<!-- IMAGE -->

Pasukan NATO yang dipimpin Amerika telah melancarkan serangan besar di provinsi Helmand, Afghanistan selatan, dalam usaha merebut kembali kekuasaan atas salah satu sisa basis terbesar Taliban.

Helikopter-helikopter militer terbang di atas kota Marjah Sabtu pagi, dengan kira-kira 15 ribu marinir Amerika, pasukan NATO, dan tentara Afghanistan turut dalam Operasi Moshtarak untuk membersihkan pusat utama perdagangan candu Taliban.

Seorang pejabat Pentagon mengatakan kepada VOA bahwa Presiden Afghanistan Hamid karzai telah memberi persetujuan terakhir atas misi itu, dan bahwa pasukan sudah pada kedudukan dan diperkirakan akan segera masuk ke Marjah. Para pejabat menaksir pasukan NATO dapat menghadapi antara beberapa ratus hingga seribu lasykar Taliban.

NATO mengumumkan rencana serangan itu lebih seminggu lalu untuk memberi kepada penduduk kesempatan untuk keluar dari daerah itu. NATO telah menganjurkan kepada sekitar 80 ribu penduduk Marjah agar jangan keluar dari rumah segera setelah operasi militer itu mulai.

XS
SM
MD
LG