Tautan-tautan Akses

Holbrooke: AS Tidak Berunding Langsung dengan Taliban


<!-- IMAGE -->

Pemerintahan Amerika tidak mengadakan perundingan langsung dengan Taliban, tapi mendukung usaha pemerintah Afghanistan untuk meyakinkan pemberontak supaya menghentikan pertempuran.

Ini dikatakan oleh utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan, Richard Holbrooke, untuk membantah laporan-laporan pers bahwa Amerika sedang mengadakan pertemuan-pertemuan rahasia dengan wakil-wakil Taliban.

Ketika berbicara di Munich, Jerman hari Minggu, Holbrooke mengatakan, Amerika menghargai usaha pemerintah Afghanistan untuk menghimbau kelompok militan supaya menghentikan kekerasan dan bergabung dengan pemerintah. Tapi, tambahnya, usaha-usaha itu harus didampingi dengan operasi-operasi militer yang sukses.

Sementara itu, presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan, ia sedang mempertimbangkan pemberlakuan wajib-militer untuk meningkatkan jumlah pasukan keamanan. Kata Karzai dalam konperensi keamanan di Munich itu, ia mungkin akan mengumumkan wajib-militer, supaya tentara dan polisi Afghanistan bisa sepenuhnya menguasai keamanan dalam lima tahun.


XS
SM
MD
LG