Tautan-tautan Akses

Usulan Anggaran Pertahanan Obama Terbesar Sepanjang Sejarah


<!-- IMAGE -->

Presiden Amerika Barack Obama mengusulkan anggaran bagi Departemen Pertahanan yang paling besar sepanjang sejarah yakni 708 Milyar dollar yang antara lain digunakan untuk memenangkan perang di Irak dan Afghanistan.

Dana itu juga akan dipergunakan untuk mempersiapkan angkatan bersenjata Amerika menghadapi berbagai konflik masa depan melawan kekuatan global atau regional atau melawan organisasi teroris.

Menurut kata-kata Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates, Amerika harus siap menghadapi masa depan yang berbahaya dan tidak pasti.

Evaluasi kebijakan utama Departemen Pertahanan yang disebut Quadrennial Defense Review, yang diterbitkan hari Senin, mencatat kondisi keamanan global yang makin kompleks dimana "pelaku bukan negara" bisa memiliki teknologi yang lebih berbahaya dan canggih. Laporan itu juga menyebutkan perlunya melindungi keamanan dalam negeri dan memberi tanggapan terhadap bencana alam di dalam maupun luar negeri.

Anggaran pertahanan yang diusulkan Obama juga mencakup biaya 33 Milyar dollar untuk mengirim 30 ribu pasukan tambahan untuk berperang di Afghanistan.

<!-- IMAGE -->

Sementara itu, Obama juga mengusulkan anggaran yang mencakup pengeluaran besar-besaran bagi keamanan dalam negeri, termasuk 73 juta dollar bagi pemindahan, pengadilan dan pemenjaraan para tahanan dari Teluk Guantanamo.

Gedung Putih mengatakan, dana sekitar 44 Milyar dollar bagi Departemen Keamanan Dalam negeri itu akan digunakan untuk sejumlah sektor termasuk keamanan penerbangan dan perbatasan, tanggapan darurat dan keselamatan pelayaran.

Pemerintahan Obama mengatakan dibanding anggaran 2010, anggaran 2011 yang diusulkan itu naik hampir 1 Trilyun dollar. Anggaran itu mencakup 783 juta dollar untuk memasang 1000 mesin pemindai berteknologi canggih di bandara dan alat deteksi bahan peledak yang baru pada pemeriksaan bagasi.

Dana tersebut juga mencakup 89 juta pemasangan sistem sensor untuk mendeteksi serangan biologis. Lebih dari 800 juta untuk memperbarui armada penjaga pantai dan 4 Milyar untuk perlengkapan, pelatihan dan merekrut petugas pemadam kebakaran dan petugas keselamatan lainnya.


XS
SM
MD
LG