Tautan-tautan Akses

Mantan Menteri Inggris: Perencanaan Pasca-Konflik Irak Tak Memadai


<!-- IMAGE -->

Mantan kepala pembangunan internasional Inggris mengatakan Amerika dan sekutu-sekutunya tidak cukup melakukan persiapan dalam menangani Irak pasca invasi.

Menjawab penyelidikan resmi mengenai peran Inggris dalam invasi ke Irak yang dipimpin Amerika pada tahun 2003, Clare Short hari Selasa mengatakan ia memperingatkan Perdana Menteri saat itu, Tony Blair, bahwa perencanaan kebutuhan kemanusiaan setelah invasi tidak memadai dan menyebabkan penderitaan luar biasa serta hilangnya nyawa.

Ia mengatakan invasi secara tergesa-gesa mengakibatkan Irak tidak stabil dan warganya marah, serta turut berperan dalam penyebaran pengaruh Al-Qaida di kawasan itu. Short juga mengatakan para menteri kabinet Inggris diberi keterangan yang menyesatkan tentang otorisasi perang oleh hukum internasional dan menuduh Blair mencegah diskusi dalam kabinet sebelum perang itu.

Short mengundurkan diri dari pemerintahan itu dua bulan setelah invasi pada bulan Maret itu.

Blair yang memberi kesaksian terhadap penyelidikan itu minggu lalu mengatakan ia tidak menyesal atas keputusannya mendukung Amerika untuk menyingkirkan Saddam Hussein, ia menyebut diktator Irak itu merupakan ancaman bagi kawasan itu dan dunia.

XS
SM
MD
LG