Tautan-tautan Akses

Tiongkok Protes Penjualan Senjata AS Kepada Taiwan


<!-- IMAGE -->

Media resmi Tiongkok mengatakan, kementerian Pertahanan Tiongkok telah bereaksi dengan marah atas pengumuman pemerintahan Obama bahwa Washington bermaksud menjual peralatan militer yang bernilai lebih dari 6 milyar dolar kepada Taiwan.

Kantor berita Xinhua memuat pernyataan bernada keras dari kementerian itu Sabtu yang mengatakan, rencana tukar menukar kunjungan oleh personil militer telah dihentikan karena dampak negatif persetujuan senjata itu terhadap hubungan militer kedua negara.

Departemen Pertahanan Amerika mengatakan hari Jumat mereka telah memberitahu Kongres mengenai kemungkinan penjualan itu, yang mencakup 60 helikopter Black Hawk, misil Patriot, beberapa perangkat radar dan peralatan komunikasi. Namun, paket itu tidak mencakup pesawat tempur F-16 yang sangat dikehendaki Taiwan.

Wakil menteri Luar Negeri Tiongkok He Yafei telah memperingatkan konsekuensinya yang gawat, tetapi tidak memberi keterangan lebih jauh. Dia menyampaikan protes resmi kepada Dutabesar Amerika Jon Huntsman di Beijing Sabtu pagi, dengan menyebut gagasan penjualan itu mencampuri masalah dalam negeri Tiongkok yang sangat merusak keamanan nasional Tiongkok.

Penasehata Keamanan Presiden Obama, Jenderal Purnawirawn James Jones mengatakan hubungan Amerika – Tiongkok sangat penting, karena itu Amerika bertekad menjalin hubungan baru dengan Tiongkok mengingat semakin besarnya kekuatan dan pengaruh Tiongkok di berabagai masalah bukan saja masalah penjualan senjata .


XS
SM
MD
LG