Tautan-tautan Akses

140 Juta Dollar Dijanjikan untuk Program Reintegrasi Afghanistan


<!-- IMAGE -->

Konferensi internasional untuk menstabilkan Afghanistan telah diakhiri di London, dengan janji para delegasi menyumbang lebih dari 140 juta dollar bagi dana untuk mengintegrasikan kembali militan Taliban ke dalam masyarakat Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband mengumumkan janji itu hari Kamis di akhir pertemuan satu hari yang dihadiri oleh para anggota delegasi dari sekitar 70 negara.

Menlu Miliband mengatakan, dana yang dijanjikan ini adalah untuk tahun pertama program tersebut. Ia menambahkan bahwa kini sudah ada komitmen internasional bagi upaya pengintegrasian itu.

Seluruh program dianggap bernilai sekitar 500 juta dollar. Dana ini akan menyediakan lapangan kerja bagi para mantan pejuang Taliban yang meninggalkan kekerasan dan ekstremisme. Program tersebut merupakan bagian dari rencana untuk memperlemah pemberontakan di Afghanistan.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton memeberitahu para anggota delegasi bahwa rencana Presiden Afganistan Hamid Karzai untuk mengintegrasikan kembali militan Taliban akan membawa stabilitas dan keamanan lebih besar bagi negara itu.



XS
SM
MD
LG