Tautan-tautan Akses

Isi Pidato Kenegaraan Tahunan Obama


Isi Pidato Kenegaraan Tahunan Presiden Obama

di Depan Kongres AS, 27 Januari 2010

<!-- IMAGE -->

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan badai yang paling buruk sudah berlalu, setahun setelah ia memangku jabatan dengan menghadapi dua perang dan ekonomi yang digoncang resesi yang parah, tata keuangan di ambang keruntuhan dan pemerintah berhutang sangat banyak.

Tetapi, dalam Pidato Kenegaraannya yang pertama, Obama mengatakan kepada Kongres dan rakyat Amerika Rabu malam bahwa penderitaan tetap ada. Ia mengatakan satu dari setiap 10 warga Amerika masih tidak dapat memperoleh pekerjaan, banyak perusahaan telah tutup, dan harga rumah telah menurun.

Presiden mengakui bahwa kota-kota kecil dan penduduk pedesaan telah dilanda sangat kuat, dan kehidupan lebih sulit bagi orang yang sudah miskin.

Ia mengatakan ia mengetahui kecemasan mengenai ekonomi saat ini, dan sebagian orang sangat kecewa, dan sebagian marah. Dan ia mengatakan negara masih menghadapi tantangan besar dan sulit.

Presiden Obama mengatakan ia benci menggunakan uang pembayar pajak untuk menolong bank-bank swasta Amerika, tetapi mengatakan itu harus dilakukan untuk menstabilkan ekonomi negara.

Presiden mengatakan tugasnya yang paling mendesak ketika ia memangku jabatan adalah memperkuat bank-bank yang justru turut menimbulkan krisis keuangan. Ia mengatakan ia berbuat demikian karena ketika ia berkampanye sebagai calon presiden ia berjanji untuk tidak hanya melakukan hal-hal yang populer, tetapi juga melakukan apa yang perlu.

Obama mengatakan karena langkah-langkah yang diambil pemerintahannya untuk menstabilkan bank-bank swasta Amerika dan ekonomi, dua juta warga Amerika yang tadinya akan menganggur dapat tetap memegang pekerjaan mereka.

Soal Penciptaan Lapangan Kerja

Presiden Obama mengatakan penciptaan pekerjaan harus sebagai fokus nomor satu Kongres dalam tahun mendatang. Ia menyerukan pembuatan rancangan lapangan pekerjaan baru. Ia mengusulkan kredit pajak bagi perusahaan kecil yang baru, dan mengambil $ 30 milyar dari dana yang telah dibayar kembali oleh bank-bank Wall Street dan menggunakannya untuk membantu bank-bank masyarakat memberi kredit kepada perusahaan-perusahaan kecil yang mereka butuhkan supaya tetap dapat beroperasi.

Presiden mengatakan pemerintah dapat menciptakan keadaan yang perlu bagi perusahaan untuk melakukan perluasan dan menerima pekerja-pekerja baru.

Obama menyerukan penghapusan semua pajak kenaikan nilai modal investasi perusahaan kecil. Ia mengusuhkan perangsang pajak bagi semua perusahaan –kecil dan besar – untuk menanam modal dalam pabrik dan peralatan baru.

Presiden mengatakan sudah waktunya untuk mengakhiri keringanan pajak bagi perusahaan yang memindahkan lapangan pekerjaan ke luar negeri, dan sudah waktunya memberi keringanan pajak bagi perusahaan yang menciptakan lapangan pekerjaan di Amerika Serikat.

Ia mengatakan 7 juta pekerjaan telah hilang di Amerika Serikat dalam dua tahun terakhir. Dan ia meminta kepada Kongres agar mengajukan kepadanya rancangan undang-undang pekerjaan segera.

Obama mengatakan satu-satunya jalan untuk mencapai lapangan pekerjaan sepenuhnya adalah meletakkan dasar baru bagi pertumbuhan ekonomi jangka panjang dan mengatasi masalah ekonomi yang telah dihadapi keluarga-keluarga Amerika selama bertahun-tahun.

Reformasi Keuangan

<!-- IMAGE -->

Obama mengatakan sudah waktunya bagi Kongres untuk memberlakukan reformasi keuangan yang sungguh-sungguh dan mendorong inovasi Amerika. Ia mengatakan pasar keuangan yang kuat dan sehat memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk memperoleh kredit dan menciptakan pekerjaan baru.

Ia mengatakan DPR sudah meloloskan reformasi keuangan yang mempunyai banyak unsur yang ia kehendaki, tetapi ia mengatakan para pelobi sedang berusaha untuk mematikannya. Ia mengatakan ia tidak akan mau menanda-tangani rancangan yang tidak memenuhi patokannya.

Presiden juga mendesak Kongres agar meluluskan rancangan yang memberi perangsang yang lebih besar atas penciptaan pekerjaan energi bersih.

Obama mengatakan Amerika Serikat perlu mengekspor lebih banyak barangnya. Ia menetapkan sasaran melipat-duakan ekspor Amerika dalam 5 tahun mendatang, dan mengemukakan ini akan mendukung 2 juta pekerjaan.

Ia mengatakan Amerika Serikat perlu mencari pasar baru dengan agresif, kalau tidak, Amerika akan kehilangan kesempatan untuk menciptakan pekerjaan. Ia mengatakan ia akan terus menempa persetujuan perdagangan bebas global yang membuka pasar di seluruh dunia.

Obama mengatakan Amerika Serikat perlu menanam modal dalam ketrampilan dan pendidikan rakyat Amerika.

Ia menyerukan reformasi yang meningkatkan pencapaian siswa, mendorong siswa mencapai prestasi terbaik dalam mathematika dan ilmu pengetahuan alam, dan memajukan sekolah-sekolah yang gagal.

Presiden mendesak Senat untuk mengikuti DPR dengan meluluskan rancangan yang akan memperbaharui perguruan-perguruan tinggi masyarakat, yang digambarkannya sebagai "jalur karir" bagi anak-anak banyak keluarga pekerja.

Ia menyerukan kredit pajak $ 10 ribu untuk perkuliahan 4 tahun di perguruan tinggi dan meningkatkan beasiswa bagi mahasiswa miskin.

Presiden mengatakan sebaiknya tidak ada orang yang kehabisan uang karena hutang untuk biaya kuliah. Ia mengatakan sudah waktunya juga bagi perguruan tinggi dan universitas untuk dengan sungguh-sungguh memotong biaya mereka.

Reformasi Layanan Kesehatan

Obama bertekad untuk terus memperjuangkan perombakan perawatan kesehatan. Ia mengatakan ia tidak akan meninggalkan rakyat Amerika yang sangat membutuhkan asuransi kesehatan yang sangat penting. Ia memperingatkan bahwa kalau perawatan kesehatan tidak lolos, asuransi akan terus semakin mahal dan defisit Amerika akan meningkat.

Obama mengatakan bahwa setelah hampir satu abad berusaha, Amerika Serikat sudah hampir mencapai keamanan yang lebih kuat bagi kehidupan banyak warga Amerika.

Presiden mengaku turut bersalah karena tidak menjelaskan manfaat reformasi perawatan kesehatan kepada rakyat Amerika. Tetapi, ia mengatakan rancangan itu akan melindungi masyarakat terhadap praktek paling buruk perusahaan-perusahaan asuransi kesehatan, memperluas pertanggungan bagi perusahaan-perusahaan kecil dan orang-orang yang tidak mempunyai asuransi, dan ini akan mengharuskan perusahaan asuransi menanggung perawatan pencegahan.

Rancangan tersebut telah macet pada tahap terakhir antara sesama golongan Demokrat yang merundingkan rekonsiliasi rancangan DPR dan rancangan Senat.

Presiden Obama menyerukan pembekuan pengeluaran pemerintah selama 3 tahun, mulai tahun 2011, untuk mengurangi hutang nasional. Presiden mengatakan pengeluaran yang berhubungan dengan keamanan nasional, tunjangan pensiun, dan program perawatan kesehatan bagi kaum lanjut usia dan miskin – Medicare dan Medicaid –tidak akan terkena pembekuan. Tetapi, bagi program pemerintah yang lain pembekuan akan berlaku.

Ia mengatakan bahwa seperti keluarga yang tidak mempunyai banyak uang, pemerintah perlu bekerja dengan dana yang sesuai dengan anggaran, dengan mengeluarkan uang hanya untuk apa yang kita butuhkan.

Presiden mengatakan ia harus memaksakan disiplin pengeluaran dengan veto.

XS
SM
MD
LG