Tautan-tautan Akses

Karzai: AS dan Eropa Dukung Rekonsiliasi dengan Taliban


<!-- IMAGE -->

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan Amerika dan Eropa mendukung rencananya untuk melakukan rekonsiliasi dengan para bekas pejuang Taliban yang mau meletakkan senjata dan berintegrasi dengan masyarakat Afghanistan.

Karzai hari Senin mengemukakan hal ini setelah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Turki, Abdullah Gul dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari. Turki mensponsori pembicaraan yang terpusat pada kerjasama lebih erat ketiga negara memerangi pemberontakan Taliban selain kerjasama dalam pembangunan sistem keuangan dan pendidikan.

Komentar itu dilontarkan Karzai beberapa hari menjelang konferensi internasional tentang Afganistan di London.

Perdana Menteri Inggris Gordon Brown hari Senin mengatakan konferensi itu nampaknya akan mendukung rencana memasukkan para pemimpin Taliban yang tidak lagi melakukan kekerasan ke dalam proses politik Afghanistan. Ia juga mengatakan konferensi tersebut akan menyetujui rencana penambahan jumlah tentara dan polisi Afghanistan.

Namun Panglima Angkatan Darat Inggris mengatakan pasukan internasional hanya akan berunding dengan Taliban dari posisi yang lebih kuat.

Jenderal David Richards kepada Kantor Berita Reuters mengatakan perundingan hanya bisa berlangsung apabila militan Taliban menyadari mereka akan kalah jika tidak memutuskan hubungan dengan Al Qaida dan meninggalkan cara-cara kekerasan.



XS
SM
MD
LG