Tautan-tautan Akses

Parlemen Afghanistan Setujui Menteri Luar Negeri dan Menteri Kehakiman


Parlemen Afghanistan telah menyetujui calon-calon menteri luar negeri dan menteri kehakiman pilihan Presiden Hamid Karzai.

Parlemen mulai mengadakan pemungutan suara Sabtu atas calon-calon tahap kedua, setelah menolak sebagian besar pilihan pertama Karzai.

Sebagian anggauta parlemen telah mengecam daftar baru itu, dengan mengatakan bahwa daftar baru itu memuat sejumlah calon yang tak dikenal dan tidak banyak berpengalaman.

Parlemen menentang sebagian besar pilihan pertama Karzai awal bulan ini, dengan menolak 17 dari 24 calon. Parlemen mengatakan, banyak dari calon itu kroni politik, korup atau mempunyai kaitan dengan pemimpin gelombolan.

Presiden Afghanistan tidak mengajukan nama untuk menggantikan Menteri Energi yang sekarang – Ismail Khan – mantan pemimpin gerombolan yang telah dituduh melanggar HAM. Ismail Khan ditolak pada pemungutan suara pertama.

Tiga perempuan termasuk dalam kelompok baru 17 calon anggota Kabinet itu. Parlemen menolak satu-satunya perempuan dalam Kabinet pada pemungutan suara sebelumnya.

XS
SM
MD
LG