Tautan-tautan Akses

Pakar Iklim Keluarkan Data Peringatan dalam Konferensi PBB


Pakar iklim mengatakan data selama dekade pertama abad ke-21 kemungkinan besar akan menunjukkan sebagai dekade terhangat yang pernah tercatat dan tahun 2009 sebagai tahun paling panas.

Organisasi Meteorologi Dunia atau WMO mengumumkan temuan itu hari Selasa, hari kedua konferensi iklim 192 negara di Kopenhagen.

Ketua WMO, Michel Jarraud mengatakan analisa terakhir pada awal tahun depan kemungkinan besar akan menunjukkan 2009 sebagai tahun kelima terhangat sejak para ilmuwan mulai mencatat data global pada tahun 1850. Ia juga mengutip data yang menunjukkan suhu terpanas di bagian besar Asia Selatan dan Afrika Tengah.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan bocoran e-mails dari sebuah universitas di Inggris tidak mengalahkan riset ilmiah yang mengaitkan pemanasan global dengan aktifitas manusia. Berbicara hari Selasa di New York, Ban mengatakan bukti-bukti yang menunjukkan perubahan iklim terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan "cukup jelas" seperti halnya data yang menunjukkan bahwa manusialah yang menjadi penyebab utamanya.

XS
SM
MD
LG