Tautan-tautan Akses

Clinton Dorong Reformasi Dalam Pemerintahan Afghanistan


Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton meminta para pejabat Afghanistan untuk memberantas korupsi dan meningkatkan tanggung jawab pemerintah, pada malam menjelang pelantikan presiden Hamid Karzai.

Dalam lawatan pertamanya ke Afghanistan sebagai menteri luar negeri, Menteri Clinton diperkirakan akan bergabung bersama para petinggi asing serta para pemimpin Afghanistan, dalam upacara pelantikan hari Kamis di Kabul.

Menteri Clinton mengatakan awal dari masa jabatan lima tahun Karzai merupakan kesempatan bagi para pemimpin Afghanistan untuk membuat suatu "kesepakatan baru" dengan rakyat Afghanistan.

Pengamanan diperketat di Kabul menjelang upacara pelantikan hari Kamis. Pelantikan itu sendiri akan berlangsung di istana kepresidenan yang dijaga ketat.

Dalam wawancara hari Rabu dengan jaringan televisi NBC, Presiden Amerika Barack Obama mengatakan dalam beberapa minggu mendatang ia akan mengumumkan keputusan yang ditunggu-tunggu mengenai strategi Amerika di Afghanistan. Menurutnya, strategi itu akan menempatkan Amerika dan para sekutunya pada jalur untuk memenangkan perang itu.

XS
SM
MD
LG