Tautan-tautan Akses

KTT APEC Berakhir dengan Janji Selesaikan Perundingan Doha


Para pemimpin Asia Pasifik mengakhiri KTT di Singapura Ahad ini dengan pernyataan terakhir yang berjanji menyelesaikan putaran perundingan Doha untuk perdagangan global pada tahun 2010, tetapi tidak ada mengenai target bagi pengurangan emisi karbon.

KTT ke-21 negara anggota Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) tidak memasukkan dalam dokumen target pengurangan setengah emisi gas rumah kaca pada tahun 2050, meskipun mereka menyatakan perubahan iklim adalah salah satu tantangan global terbesar.

Para pemimpin APEC juga menolak semua bentuk proteksionisme dan menyatakan komitmen menyelesaikan putaran Perundingan Doha tahun depan. Perundingan itu masih macet karena perbedaan pendapat antara negara maju dan berkembang tentang pengurangan subsidi dan tarif pertanian.

Deklarasi hari Minggu itu juga mengatakan ke-21 negara akan mempertahankan kebijakan stimulus sampai pemulihan ekonomi global telah bisa bertahan. Jadwal Presiden Amerika Barack Obama Ahad ini antara lain bertemu para pemimpin ASEAN. Dia juga mengumumkan bahwa tempat asalnya Hawaii akan menjadi tuan rumah KTT APEC tahun 2011.

XS
SM
MD
LG