Tautan-tautan Akses

Obama Perintahkan Perubahan Strategi di Afghanistan


Seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan Presiden AS Barack Obama minta kepada tim keamanan nasionalnya agar mengubah pilihan bagi strategi perang Amerika di Afghanistan.

Obama meminta dilakukannya perubahan tersebut hari Rabu dalam pengkajian-ulang terbaru kebijakannya mengenai Afghanistan. Pejabat tersebut mengatakan presiden menghendaki para penasehatnya menetapkan bagaimana dan kapan pasukan Amerika dapat menyerahkan tanggung-jawab keamanan kepada pemerintah di Kabul. Para pejabat pemerintahan AS mengatakan Obama ingin menegaskan kepada Presiden Afghanistan Hamid Karzai bahwa kehadiran Amerika di Afghanistan tidak untuk selamanya.

Permintaan Presiden Obama akan perubahan tersebut terjadi sementara duta besar AS di Afghanistan, Karl Eikenberry, menyatakan keberatannya mengenai pengiriman tentara tambahan ke negara itu.

Para pejabat mengatakan Eikenberry mengirim dua surat rahasia ke Washington pekan lalu yang mengungkapkan kesangsiannya mengenai kepemimpinan Karzai. Presiden Afghanistan itu dituding telah membiarkan terjadinya korupsi yang merajalela di negara itu.



XS
SM
MD
LG