Tautan-tautan Akses

APEC Masih Prihatinkan Ekonomi


Rancangan pernyataan para anggota Forum Kerjasama Asia Pasifik atau APEC mengatakan, pemerintah negara-negara Asia Pasifik prihatin mengenai kemungkinan kembalinya resesi meskipun akhir-akhir ini terjadi pemulihan ekonomi.

Rancangan pernyataan yang diungkapkan kepada wartawan hari Jumat mengatakan, negara-negara anggota akan mengupayakan konsensus agar paket stimulus ekonomi tidak akan diakhiri sebelum ada tanda-tanda kuat kepulihan ekonomi. Dikatakan, negara-negara anggota akan melanjutkan kebijakan stimulus ekonomi hingga tercapai kepulihan ekonomi yang tahan lama.

Para pemimpin 21 negara, termasuk Amerika dan Tiongkok akan bertemu di Singapura tanggal 14 dan 15 November untuk membahas kepulihan ekonomi global, isu-isu lingkungan dan perdagangan bebas.

Rancangan pernyataan itu juga menghimbau agar perundingan perdagangan bebas diselesaikan tahun depan, dan mengantisipasi bahwa negara-negara Asia Pasifik akan mengurangi emisi karbon 50 persen di bawah tingkat tahun 1990, pada tahun 2050.


XS
SM
MD
LG