Tautan-tautan Akses

Ketua IAEA: Pembicaraan Nuklir Iran Konstruktif


Ketua Badan Atom PBB (IAEA) mengatakan pembicaraan mengenai program nuklir hari Senin di Wina, telah dimulai dengan baik.

Mohamed ElBaradei melukiskan pembahasan oleh wakil-wakil Iran, Rusia, Perancis, Amerika dan IAEA berlangsung "konstruktif" dan akan dimulai lagi hari Selasa pagi.

Kedua belah pihak membahas sebuah proposal tentang pengiriman uranium dari Iran ke Rusia dan Perancis untuk diubah menjadi bahan bakar reaktor nuklir.

Namun televisi pemerintah Iran mengutip sumber-sumber yang mengetahui perundingan itu sebagai mengatakan, Iran tidak akan melakukan perjanjian semacam itu dengan Perancis. Sumber-sumber itu menyebut kegagalan Perancis mengirim peralatan-peralatan reaktor nuklir ke Iran.

Senin pagi, Jurubicara Badan Energi Atom Iran, Ali Shirzadian mengatakan Iran tidak akan menghentikan kegiatan pengayaan uraniumnya sendiri, apapun hasil pembicaraannya dengan negara-negara kuat dunia.

Para diplomat Barat memandang pengayaan uranium di luar negeri adalah untuk membangun rasa saling percaya. Mereka mengatakan langkah itu akan memastikan uranium Iran di perkaya hanya sampai tingkat untuk penggunaan sipil dan tidak bisa digunakan untuk membuat senjata nuklir.



XS
SM
MD
LG