Tautan-tautan Akses

Dukungan Rakyat bagi Perang Afghanistan Turun di AS dan Inggris


Jajak pendapat di Amerika Serikat dan Inggris menunjukkan bahwa pada hari genapnya 8 tahun serbuan Amerika di Afghanistan, dukungan rakyat bagi perang tersebut menurun.

Kantor berita Associated Press melangsungkan jajak pendapat tersebut dan mendapati bahwa 40% rakyat Amerika mendukung perang di Afghanistan, turun dari 44% bulan Juli. Di Inggris, hanya 37% responden mengatakan mereka mendukung operasi militer negara mereka di Afghanistan.

Juga hari Rabu, pernyataan Taliban yang memperingati ulang-tahun itu mengatakan mereka tidak pernah berencana menyerang negara lain, dan sekarang pun mereka tidak mempunyai maksud demikian.

Taliban mengatakan tujuannya adalah kemerdekaan Afghanistan dan penegakan negara Islam. Tetapi, Taliban juga memperingatkan bahwa kalau Barat ingin mengubah Afghanistan menjadi jajahan, mereka harus siap untuk perang yang lama.

Dalam pertempuran hari Rabu, seorang tentara Spanyol tewas dan 5 luka-luka di provinsi Herat, Afghanistan Barat, sementara dua orang Afghanistan tewas dan kira-kira 25 luka-luka ketika bus mereka terkena roket di provinsi Ghazni, Afghanistan bagian timur.

XS
SM
MD
LG