Tautan-tautan Akses

Iran Setuju Tim PBB Inspeksi Fasilitas Nuklirnya di Qom


Ketua badan nuklir PBB (IAEA) mengatakan kelompok itu akan melakukan inspeksi terhadap fasilitas nuklir yang baru saja diungkapkan Iran, pada tanggal 25 Oktober mendatang.

Mohamed ElBaradei mengumumkan hal itu Ahad ini setelah bertemu dengan para pemimpin Iran di Tehran. Ketua IAEA menyerukan agar Iran "bersikap terbuka" dan bekerjasama dengan masyarakat internasional.

Kunjungannya itu dilakukan setelah negara-negara kuat dunia menuntut Iran agar memberi akses kepada tim inspektur ke fasilitas pengayaan uranium dekat kota suci kaum Syi'ah di Qom.

Iran telah setuju untuk mengizinkan tim inspektur datang setelah bertemu dengan para diplomat dari 6 negara di Jenewa, Kamis lalu. Akan tetapi, para pejabat Iran mengatakan, kunjungan ElBaradei itu tidak berkaitan dengan pertemuan di Jenewa.

Pertemuan Ahad ini juga menghasilkan sebuah rencana bagi para pejabat dari AS, Rusia, Prancis dan Iran untuk mengadakan perundingan tanggal 19 Oktober mendatang mengenai melakukan proses pengayaan uranium Iran di luar negeri. Uranium tsb kemudian akan digunakan untuk menggerakkan sebuah reactor penelitian medis di Iran.

Tehran mengatakan bahwa program nuklirnya adalah untuk tujuan damai, tetapi negara-negara Barat mencurigai fasilitas tersebut untuk memproduksi senjata.

XS
SM
MD
LG