Tautan-tautan Akses

Exit Poll Tunjukkan Merkel Menangkan Pemilu di Jerman


Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan dirinya menang atas koalisi kanan tengah yang disukainya, setelah memenangkan masa jabatan kedua dalam pemilihan parlemen Jerman hari Minggu.

Merkel berbicara kepada wartawan hari Minggu, sedikit lebih dari satu ham setelah tempat pemungutan suara tutup dan survey exit menunjukkan partai konservatif menang dengan perolehen suara yang cukup untuk membentuk koalisi.

Poll ZDF dan Televisi ARD, yang disiarkan beberapa menit setelah pemilihan umum berakir hari Minggu, menunjukkan partai konservatif Merkal dan Free Demokrat menang 48 suara. Jika perolahan itu bertahan, maka jumlah suara itu sedikit di atas jumlah suara gabungan tiga partai lain. Dengan itu, Merkel berada pada jalur untuk terus mengemban masa jabatan kedua.

Selama kampanye, Merkel mengatakan, koalisi baru diperlukan untuk memerangi krisis ekonomi Jerman paling buruk selama bertahun-tahun.

Laporan lain menyebutkan, ekstrimis Islam mengeluarkan ancaman menjelang berlangsungnya pemilihan itu. Seorang pemilih yang ditanya VOA berharap agar takkan terjadi sesuatu yang mengganggu pemilu. Yang lain mengatakan dia tak takut.

Video Al-Qaida dan Taliban muncul hari Jumat yang mengancam aksi balas atas kehadiran tentara Jerman di Afghanistan. Mereka menuntut Jerman menarik 4200 tentaranya dari sana. Sekitar 62 juta pemilih memenuhi syarat untuk ikut pemilu hari Minggu ini.


XS
SM
MD
LG