Tautan-tautan Akses

Menhan AS Tolak Strategi Penarikan Pasukan dari Afghanistan


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates menolak seruan mengenai jadwal dan strategi penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan.

Dalam suatu wawancara hari Minggu di stasiun televisi CNN, Gates mengatakan, menetapkan tenggat bagi diakhirinya operasi militer Amerika di Afghanistan merupakan suatu kekeliruan strategis.

Gates mengemukakan, kegagalan di Afghanistan akan menjadi kemunduran besar bagi Amerika Serikat. Menurutnya, kekalahan di Afghanistan dapat menimbulkan berbagai konsekuensi berat dalam arti akan meningkatkan rekrutmen dan operasi para ekstrimis Islamis dan al-Qaida.

Pada program televisi lainnya, Gates mengatakan tidak ada perselisihan antara Presiden Barack Obama dan para komandan militer Amerika, sementara Obama mengevaluasi strategi Amerika di Afghanistan sebelum memutuskan apakah akan mengirim pasukan tambahan ke sana.

Panglima tertinggi pasukan Amerika di kawasan itu, Jenderal Stanley McChrystal, telah mengajukan permintaan tambahan pasukan. Akan tetapi, Gates mengatakan sang jenderal mendukung evaluasi strategi yang sedang dilakukan.


XS
SM
MD
LG