Tautan-tautan Akses

Pembicaraan AS-Israel Soal Permukiman Gagal Capai Kesepakatan


Pembicaraan dua hari antara para pejabat Amerika dan Israel telah gagal mencapai kesepakatan mengenai penghentian pembangunan pemukiman Israel, namun utusan Amerika George Mitchell memperpanjang lawatannya untuk pertemuan-pertemuan tambahan.

Setelah pembicaraan hari kedua Mitchell dengan PM Israel Benjamin Netanyahu, utusan Amerika itu berencana untuk mengunjungi negara-negara Arab dan kemudian kembali Israel pada hari Jumat untuk pembicaraan lebih lanjut.

Amerika Serikat sedang berusaha untuk mengatur pertemuan tiga arah dengan para pemimpin Palestina dan Israel pada sidang Majelis Umum PBB pekan depan di New York.

Palestina mengatakan, mereka hanya akan berpartisipasi jika Israel menghentikan pembangunan permukiman di lahan dimana rakyat Palestina ingin mendirikan sebuah negara. Amerika juga mendukung gagasan penghentian pembangunan di Tepi Barat yang diduduki dan di Yerusalem Timur.

Namun, para pejabat Israel mengatakan mereka hanya siap untuk mengurangi pembangunan di kawasan-kawasan pemukiman Tepi Barat untuk waktu yang terbatas.

PM Israel Netanyahu mengatakan Yerusalem Timur bukanlah sebuah kawasan pemukiman dan pembangunan di sana akan berlanjut. Sementara, perunding Palestina Saeb Erekat mengatakan tawaran Israel itu tidak dapat diterima.


XS
SM
MD
LG