Tautan-tautan Akses

Korut Sudah Hampir Selesai Buat Bom Nuklir Dari Uranium


Korea Utara mengatakan negara itu berada dalam tahap terakhir pengolahan uranium yang dapat membawanya selangkah lebih dekat untuk pembuatan bom-nuklir.

Kantor berita resmi Korea Utara mengatakan percobaan pengolahan uranium telah berhasil memasuki tahap penyelesaian. Pernyataan tersebut juga mengatakan Korea Utara sudah siap untuk menghadapi dua sanksi dan dialog dengan negara-negara lain yang berusaha menghentikannya memperoleh senjata nuklir.

Pernyataan itu memperingatkan bahwa Korea Utara akan meningkatkan persenjataan nuklirnya kalau Dewan Keamanan PBB mengenakan sanksi lagi sebelum memutuskan untuk menyelenggarakan pembicaraan.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengeluarkan pernyataan yang menyebut sikap Pyongyang itu "sangat mengecewakan," dan bertekad untuk memberi tanggapan yang kuat dan konsisten terhadap tindakan rejim tersebut.

Korea Utara melakukan percobaan bawah tanah senjata nuklir dari bahan plutonium bulan Mei lalu. Uranium yang diolah adalah satu bahan lain untuk membuat bom nuklir.

XS
SM
MD
LG