Tautan-tautan Akses

Astronot Pasang Tangki Amoniak Baru di Stasiun Antariksa


Dua orang astronot dari pesawat antariksa Amerika Discovery telah memulai kegiatan di luar stasiun yang diperkirakan akan berlangsung lebih dari 6 jam untuk memasang tangki amoniak yang baru di luar Stasiun Antariksa Internasional.

Para astronot Danny Olivas dan Christer Fuglesang memulai pekerjaan tersebut Kamis malam. Tangki amoniak itu dibutuhkan untuk sistim pendingin stasiun antariksa dan menggantikan tangki lama yang lebih kecil yang dicabut dalam pekerjaan yang dilakukan Rabu lalu.

Dengan berat 800 kilogram, tangki baru itu adalah barang yang paling besar yang ditangani para astronot pada waktu merakit stasiun antariksa itu. Benda-benda tidak mempunyai berat dalam lingkungan gravitas nol di antariksa, tetapi benda-benda tersebut masih mempunyai massa dan dapat sulit digeser.

Astronot Olivas dan Fuglesang memulai pemasangan itu ketika sepotong "sampah antariksa" yang besar mendekati stasiun yang mengorbit itu. NASA mengatakan sampah tersebut, bagian dari roket Eropa yang tua, mempunyai permukaan seluas kira-kira 19 meter persegi dan diperkirakan akan liwat pada jarak 3 kilometer dari stasiun itu.

XS
SM
MD
LG