Tautan-tautan Akses

Obama-Medvedev Bicarakan Pengurangan Ketegangan di Georgia


Gedung Putih mengatakan Presiden Barack Obama dan Presiden Rusia Dmitri Medvedev telah berbicara melalui telepon mengenai perlunya mengurangi ketegangan di Georgia.

Para pejabat mengatakan Medvedev menelpon Presiden Obama hari Selasa untuk menyampaikan selamat hari ulang tahun yang ke-48. Tetapi, pembicaraan menjadi sungguh-sunguh ketika kedua presiden membahas keadaan di Ossetia Selatan yang memisahkan diri dari Georgia. Rusia telah menyiagakan pasukannya di Ossetia Selatan.

Obama berbicara mengenai perlunya pemantau internasional dan apa yang disebut Gedung Putih pentingnya menggunakan alat pengelolaan krisis.

Dalam perkembangan lain, Wakil Presiden Amerika Joe Biden menelpon Presiden Georgia Mikheil Saakashvili hari Selasa, dan menekankan perlunya menghindarkan tindakan yang dapat menggoyahkan lebih jauh daerah itu.

Rusia telah menuduh Georgia melakukan provokasi militer dekat perbatasan antara Ossetia Selatan dan Georgia. Jurubicara Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut ketegangan itu sangat mengkhawatirkan. Saakashvili mengatakan negaranya telah mengalami tekanan yang tetap dari latihan perang Rusia di Ossetia Selatan.


XS
SM
MD
LG