Tautan-tautan Akses

Militan Somalia Tembaki Anggota Kongres AS


Tersangka militan Islamis melepaskan tembakan ke arah anggota Kongres Amerika Donald Payne Senin ini ketika dia terbang keluar dari ibukota Somalia, Mogadishu. Sumber keamanan di Mogadishu menyatakan mortir mendarat di bandara dimana pesawat Payne sedang lepas landas.

Sumber itu mengatakan tidak ada yang cedera. Tapi kantor berita Reuters mengutip penduduk yang mengatakan satu mortir melukai 3 orang di permukiman di dekatnya.

Payne terbang ke Mogadishu Senin ini dalam kunjungan yang diyakini sebagai pertama kalinya dilakukan politisi senior Amerika selama bertahun-tahun.

Payne memberitahu reporter VOA seksi Somalaia bahwa dia bertemu dengan Presiden Somalia Sheikh Sharif Sheikh Ahmed dan PM Omar Abdirashid Ali Sharmarke. Katanya mereka membahas perompakan di lepas pantai timur Somalia dan masa depan negara bermasalah itu.

Dalam berita terpisah di Somalia, perompak Somalia mengancam akan menyerang orang Amerika sebagai balasan atas terbunuhnya 3 pembajak selama operasi penyelamatan kapten kapal barang Amerika Richard Phillips.

Perompak di kubu mereka di Eyl, Somalia memberitahu wartawan Senin ini bahwa Amerika Serikat sekarang menjadi musuh mereka dan mereka mungkin membunuh setiap warga Amerika yang berhasil mereka sandera.

Salah seorang perompak, Abdullahi Lami, memberitahu Associated Press bahwa “pada masa mendatang, Amerika akan menjadi pihak yang berduka dan menangis.”

Militan Islamis, yang sebelumnya menumpas pembajakan di Somalia, kini memuji para pembajak itu.

Pemimpin militan Hassan Turki mengatakan kemarin bahwa para pembajak membantu mempertahankan perairan Somalia dari eksploitasi orang asing yang mereka sebut berasal dari negara Kristen.

Penembak jitu Angkatan Laut Amerika menewaskan 3 perompak Somalia kemarin dalam upaya penyelamatan kapten Phillips yang berani di laut lepas.

XS
SM
MD
LG