Tautan-tautan Akses

Obama Berikan Rincian Rencana Anti Nuklir


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan kehadiran senjata nuklir merupakan "warisan Perang Dingin yang paling berbahaya."

Berbicara di depan puluhan ribu orang di lapangan Kastil Praha di Republik Ceko, Obama menerangkan strateginya yagn lambat laun menyingkirkan gudang senjata nuklir dari muka bumi.

Presiden Amerika itu menyerukan agar dicapai perjanjian baru pengurangan senjata strategis dengan Rusia menjelang akhir akhir tahun serta mengumumkan rencana untuk mendorong Senat Amerika agar meratifikasi Perjanjian Larangan Ujicoba Komprehensif.

Dia mengatakan peluncuran misil hari Minggu ini sebagai pelanggaran aturan. Dia mengatakan saatnya telah tiba untuk memberikan tanggapan internasional yang keras.

Obama juga mengulangi proposalnya untuk mengadakan kontak dengan Iran terkait program nuklirnya, namun dia menambahkan Amerika tidak akan meneruskan rencananya dengan pembangunan perisai misil di Eropa bila Iran tetap menjadi ancaman.

Dia juga menyerukan agar diadakan sebuah perjanjian internasional baru yang akan mengakhiri produksi materi untuk membuat senjata nuklir dan perjanjian itu nantinya juga mengikutsertakan Tiongkok, India, dan Pakistan.

XS
SM
MD
LG