Tautan-tautan Akses

Obama Akan Kirim Pasukan Lebih Banyak ke Afghanistan


Para pejabat Amerika mengatakan Presiden Barack Obama akan mengirim lebih banyak lagi pasukan ke Afghanistan dan meningkatkan bantuan dan tekanan diplomatik di Pakistan sebagai bagian strategi baru untuk menghancurkan al-Qaida dan sekutu-sekutunya.

Seorang pejabat pemerintah Amerika mengatakan sasaran pokok strategi itu adalah untuk melenyapkan tempat yang aman bagi al-Qaida di Pakistan dan mencegah pemimpin kelompok teror itu pindah kembali ke Afghanistan.

Pejabat itu mengatakan Obama akan mengumumkan hari Jumat ia akan mengirim 4 ribu lagi tentara untuk melatih pasukan Afghanistan, disamping peningkatan 17 ribu tentara yang sudah diumumkan. Ia mengatakan pemerintah Amerika akan memusatkan perhatian pada diplomasi dengan Pakistan dan mendukung usul Senat untuk melipat-tigakan jumlah bantuan Amerika ke Pakistan, menjadi kira-kira 15 milyar dolar.

Obama berbicara dengan presiden Afghanistan dan Pakistan melalui telepon hari Kamis. Seorang pejabat mengatakan Obama senang dengan tanggapan mereka.

XS
SM
MD
LG