Tautan-tautan Akses

Menlu Tiongkok di Washington


Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi berangkat ke Washington kemarin, sementara kedua negara saling menuduh atas konfrontasi di Laut Tiongkok Selatan.

Yang dan Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton akan mengadakan pembicaraan hari ini yang diperkirakan akan menyinggung soal sengketa angkatan laut.

Pemerintah Amerika mengatakan kapal-kapal Tiongkok hari Minggu mengganggu sebuah kapal pengintai angkatan laut Amerika yang menggunakan peralatan sonar yang dirancang untuk memantau kapal selam. Washington mengatakan Tiongkok melanggar hukum internasional dengan melakukan tindakan agresif terhadap kapal di perairan internasional.

Tiongkok telah menolak tuduhan Amerika itu. Kementerian Luar negeri Tiongkok mengatakan bahwa kapal Amerika itu melakukan kegiatan dalam apa yang disebut Zona Ekonomi Eksklusif Tiongkok tanpa izin Tiongkok.

Juga hari Selasa, pejabat intelijens tertinggi Amerika mengatakan sengketa angkatan laut itu adalah yang paling serius antara Amerika dan Tiongkok sejak Tiongkok menahan sebuah pesawat mata-mata Amerika dan awaknya tahun 2001.

XS
SM
MD
LG