Tautan-tautan Akses

Kawanan Kapal Tiongkok Ganggu Kapal Amerika


Pemerintah Amerika menuduh Tiongkok melanggar hukum internasional dengan tingkah-laku yang gegabah dan tidak profesional setelah 5 kapal Tiongkok mengganggu sebuah kapal angkatan laut Amerika di Laut Tiongkok Selatan.

Insiden itu adalah puncak seminggu dari apa yang disebut para pejabat militer Amerika beberapa tindakan yang semakin agresif kapal-kapal Tiongkok. Para pejabat militer Amerika mengatakan kapal Amerika USS Impeccable itu sedang menarik peralatan sonar untuk memantau kapal-selam ketika kapal itu dipaksa melakukan pemberhentian darurat di perairan internasional hari Minggu kira-kira 120 kilometer di lepas pantai pulau Hainan Tiongkok.

Departemen pertahanan Amerika mengatakan pelaut Tiongkok itu melakukan manuver dalam jarak 8 meter dari kapal Amerika dalam insiden itu.

Beijing belum menanggapi insiden itu, tetapi Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi sebelumnya dijadwalkan berada di Washington pekan ini untuk bertemu dengan para pejabat Amerika.

Para diplomat Amerika telah memrotes tindakan Tiongkok itu dan mengatakan kapal-kapal angkatan laut Amerika akan terus beroperasi di perairan internasional.

XS
SM
MD
LG