Tautan-tautan Akses

Sudan Usir 10 Organisasi Bantuan Asing


Pemerintah Sudan telah memerintahkan pengusiran sampai 10 badan bantuan asing, setelah Mahkamah Kejahatan Internasional mengeluarkan izin penangkapan Presiden Sudan Omar al-Bashir.

Seorang jurubicara PBB mengatakan para pejabat Sudan telah mencabut izin antara 6 dan 10 organisasi, memerintahkan mereka menunjukkan daftar harta untuk disita, dan memerintahkan mereka keluar dari Sudan utara segera.

Wakil Presiden Sudan Ali Osman Taha mengatakan organisasi-organisasi itu diusir karena mereka melanggar undang-undang Sudan. Ia tidak memberi penjelasan lebih jauh. Para pejabat Sudan mengatakan organisasi-organisasi itu mencakup Oxfam, Dokter Tanpa Perbatasan, CARE, dan organisasi pertolongan anak-anak Save the Children

Sebelumnya, para hakim di Mahkamah Kejahatan Internasional mengeluarkan surat izin penangkapan Bashir, atas tuduhan kejahatan perang dan kejahatan terhadap umat manusia di daerah Darfur, Sudan barat.

Para pejabat Sudan menyatakan bahwa mereka tidak akan mengakui atau bekerjasama dengan mahkamah yang berbasis di Den Haag itu.


XS
SM
MD
LG