Tautan-tautan Akses

Solana Kunjungi Gaza, UE Janjikan Bantuan 552 Juta Dolar


Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa menyatakan dukungannya bagi rakyat Jalur Gaza dalam kunjungan pertamanya ke wilayah itu sejak kelompok militan Hamas merebut kekuasaan di sana bulan Juni 2007.

Javier Solana meninjau Gaza menjelang konferensi donor pekan depan untuk mengumpulkan dana bagi pembangunan kembali Gaza setelah kampanye militer tiga-pekan Israel yang ditujukan untuk menghancurkan kekuatan militer Hamas, yang berakhir bulan lalu.

Secara terpisah, Komisi Eropa hari ini mengatakan akan menyediakan dana pemulihan kembali sekitar 552 juta dollar untuk Gaza pada konferensi pekan depan di Mesir. Otoritas Palestina akan mengupayakan 2,8 milyar dollar pada pertemuan untuk membangun kembali Gaza itu.

Sementara itu, pembicaraan untuk membentuk pemerintahan persatuan di Israel berakhir tanpa kesepakatan, yang meningkatkan kemungkinan mantan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu harus membentuk satu koalisi garis-keras, dengan mengikutsertakan partai-partai sayap-kanan dan agama yang menentang perundingan perdamaian dengan pihak Palestina.


XS
SM
MD
LG