Tautan-tautan Akses

Obama Umumkan Rencana Keluar dari Irak Paling Lambat 2010


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan dia akan menarik semua pasukan tempur Amerika dari Irak paling lambat akhir Agustus 2010.

Obama menyampaikan pengumuman itu hari ini kepada anggota marinir di Camp Lejeune, sebuah pangkalan militer Amerika di North Carolina. Dia mengatakan sampai 50 ribu anggota pasukan dapat tetap tinggal di Irak bagi misi terbatas pelatihan dan menghadapi terorisme, tetapi dia bermaksud menarik semua pasukan dari Irak paling lambat akhir tahun 2011, sesuai dengan perjanjian keamanan Amerika Serikat - Irak.

Obama mengatakan Irak masih belum aman dan hari-hari yang sulit masih akan dilalui, tetapi katanya Amerika harus kembali memusatkan perhatian pada prioritas lain, seperti Afganistan dan Pakistan.

Presiden Amerika Serikat itu mengatakan Amerika akan terus melakukan upaya politik dan diplomasi untuk mendukung keamanan Irak dan memperbaiki pemerintahan setempat.

Dia juga mengatakan Amerika Serikat memiliki “kepentingan strategis” dan “tanggungjawab moral” untuk membantu memukimkan kembali pengungsi yang terusir oleh perang itu.


XS
SM
MD
LG