Tautan-tautan Akses

Persetujuan Gencatan Senjata Taliban dengan Pemerintah Pakistan


Militan Taliban di Lembah Swat, Pakistan Barat-laut, mengatakan mereka akan memperpanjang gencatan senjata dengan pemerintah selama waktu yang tidak tentu.

Pemimpin Taliban Swat, Maulana Fazlullah, yang lasykarnya telah bertempur selama hampir dua tahun untuk memberlakukan hukum syariat Islam di daerah itu, diperkirakan akan mengumumkan persyaratan gencatan senjata itu segera.

Persetujuan sementara menyarankan perubahan mendasar dalam tata peradilan daerah Malakand, dimana Swat terletak. Pemerintah akan mengizinkan penegakan pengadilan yang melakukan sidangnya sesuai dengan hukum Islam.

Penduduk setempat telah menyambut baik pengakhiran pertempuran. Tetapi, masih tidak jelas bagaimana persetujuan yang diusulkan itu akan mengubah kehidupan mereka atau apakah persetujuan itu akan mengakhiri pertempuran.

Dalam beberapa bulan ini, militan Taliban telah menguasai sebagian lembah itu, memancung kepala lawan-lawannya, mengancam penduduk setempat dan meledakkan sekolah sekolah yang dituduh berfungsi hanya sebagai pos garis depan tentara.

XS
SM
MD
LG