Tautan-tautan Akses

Obama akan Umumkan Rincian Penarikan Pasukan dari Irak


Presiden Amerika Barack Obama akan mengumumkan keputusan tentang penarikan pasukan Amerika dari Irak, kemungkinan hari Jumat ini, kata wakil presiden Joe Biden.

Kata Biden kepada jaringan televisi Amerika NBC hari Rabu, Presiden Obama akan memberikan rincian tentang penarikan pasukan yang telah dijanjikannya dalam berbagai pidato kampanye tahun lalu.

Ketika itu, Obama mengatakan ia akan menarik semua pasukan tempur Amerika dari Irak dalam waktu 16 bulan.

Perjanjian yang dicapai pemerintah Amerika dibawah presiden George Bush mengatakan pasukan Amerika harus ditarik seluruhnya menjelang akhir tahun 2011. Kira-kira 142,000 tentara Amerika berada di Irak saat ini.

Dalam perkembangan terpisah, Presiden Barack Obama telah mencalonkan tokoh Demokrat bekas Gubernur negara bagian Washington sebagai menteri perdagangan.

Ini diumumkan Obama hari Rabu. Kata Obama, Gary Locke, warga Amerika keturunan Tionghoa itu adalah pilihan yang tepat untuk jabatan ini.

Ketika menjadi gubernur untuk dua masa jabatan, Gary Locke telah mendorong perdagangan dengan Tiongkok. Ia juga telah memimpin misi perdagangan beberapa kali ke negara itu.

Pencalonan Locke harus disetujui Senat lebih dulu.


XS
SM
MD
LG