Tautan-tautan Akses

Museum Nasional Irak Dibuka Kembali


Pemerintah Irak telah membuka kembali Museum Nasional negara itu hampir enam tahun setelah isinya dijarah menyusul invasi militer Amerika di sana.

Kurang dari separuh dari barang-barang antik yang tiada ternilai harganya dan dijarah tahun 2003 yang berhasil diperoleh kembali dan menjadi isu inti dalam acara pembukaan kembali Museum itu hari Senin. Banyak ruang Museum yang masih ditutup.

Museum Nasional itu menyimpan artifak atau barang peninggalan sejarah kehidupan manusia sejak zaman awal peradaban di daerah antara sungei Tigris dan Euphratis. Sebagian dari barang antik itu sudah rusak misalnya beberapa kepala patung diambil pencuri.

Mantan direktur Museum, Donny George menuduh pasukan Amerika membiarkan penjarahan tersebut yang disebut kejahatan abad ini terjadi. Pencuri menjarah dan melarikan harta Museum. Menteri pertahanan Amerika waktu itu, Donald Rumsfeld menyangkal tegas tuduhan dengan mengatakan banyak hal yang tidak dikehendaki terjadi.

Pemerintah Irak melukiskan pembukaan kembali Museum itu sebagai satu perkembangan lagi pemulihan lambat menuju stabilitas di Baghdad setelah pertumpahan darah yang bertahun-tahun.

Kekerasan berkurang selama tahun lalu namun kondisi keamanan tetap labil. Pihak berwajib Irak mengatakan paling tidak 5 orang termasuk dua petugas keamanan tewas di Baghdad hari Senin.


XS
SM
MD
LG