Tautan-tautan Akses

Partai-Partai Israel Bahas Koalisi


Para pejabat pemilu Israel hari ini akan mengumumkan hasil akhir pemilihan anggota parlemen hari Selasa, yang hasilnya sangat ketat, dengan tidak ada pemenang yang jelas.

Dengan 99 persen suara yang masuk dihitung, Partai Kadima yang dipimpin Menlu Tzipi Livni unggul satu kursi atas Partai Likud yang dipimpin mantan PM Benjamin Netanyahu.

Kedua pemimpin menyatakan kemenangan, dan kedua partai telah menemui partai-partai kecil dalam upaya membentuk pemerintahan koalisi.

Partai nasionalis dan agama, termasuk Likud, memenangkan 65 dari ke-120 kursi parlemen dan media Israel mengatakan, itu memberikan keunggulan pada Netanyahu dalam perundingan pembentukan pemerintahan koalisi.

Livni dan sekutu-sekutunya, termasuk Partai Buruh diduga memperoleh 55 kursi. Partai ultra nasionalis Yisrael Beiteinu yang menduduki urutan ketiga belum mengesampingkan kemungkinan membentuk koalisi dengan Kadima atau Likud.

Dalam berita terpisah, tentara Israel mengatakan, Israel melonggarkan blokade atas Jalur Gaza untuk memungkinkan pengiriman bunga ke Eropa terkait Hari Valentine.

Jurubicara militer Peter Lerner mengatakan, satu truk penuh bunga anyelir dikirim dari Gaza hari ini dan akan tiba di Belanda menjelang Hari Valentine, Sabtu tanggal 14 Februari. Ditambahkan, pengiriman bunga diperbolehkan menanggapi himbauan pemerintah Belanda.

Departemen luar negeri Belanda mengatakan, pihaknya telah mengirim 11 truk bibit anyelir ke Gaza bulan Juli, sebagai bagian dari program untuk menciptakan seribu 500 lapangan kerja untuk warga Palestina.

Impor bibit bunga itu diizinkan setelah tercapai gencatan senjata antara Israel dan kelompok Hamas yang menguasai Gaza. Gencatan senjata itu ambruk bulan Desember, disusul serangan tiga pekan oleh Israel ke Gaza.


XS
SM
MD
LG