Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Pertimbangkan Opsi Penarikan Pasukan dari Irak


Para pejabat tinggi pertahanan Amerika mengatakan Gedung Putih sedang mempertimbangkan 3 jadwal waktu bagi penarikan pasukan Amerika dari Irak.

Para pejabat itu, yang nama mereka tidak disebut, mengatakan kepada beberapa kantor berita Barat bahwa Pentagon telah menyerahkan hasil penilaian risiko ke-3 pilihan tadi bagi penarikan pasukan, sebagai jawaban atas permintaan Gedung Putih.

Pilihan yang berjangka paling pendek kabarnya adalah penarikan dalam waktu 16 bulan, sesuai dengan janji Presiden Barack Obama dalam kampanyenya.

Gedung Putih juga meminta penilaian penarikan dalam waktu 19 bulan dan 23 bulan, yang menurut para pejabat kemungkinan menunjukkan bahwa Obama mungkin akan mundur dari janji kampanyenya untuk menarik pasukan Amerika dari Irak sebelum pertengahan tahun depan.

Penilaian risiko itu pertama kali dilaporkan oleh suratkabat McClatchy yang berbasis di Amerika, dan kemudian dikukuhkan oleh kantor-kantor berita lain.

McClatchy mengutip seorang pejabat tinggi pemerintah yang mengatakan Obama kemungkinan besar akan mengumumkan strateginya mengenai Irak sebelum pertengahan Maret.

XS
SM
MD
LG