Tautan-tautan Akses

Clinton Akan Kunjungi Asia, Indonesia Dalam Lawatan Pertamanya



Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan, Menteri Luar Negeri Hillary Clinton berencana mengunjungi Jepang, Korea Selatan, Tiongkok dan Indonesia saat melakukan lawatan pertamanya ke luar negeri bulan ini.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Robert Wood mengatakan, kunjungan Clinton ke kawasan itu, yang berawal tanggal 15 Februari menunjukkan pentingnya hubungan dengan Asia dalam pandangan pemerintahan Presiden Barack Obama. Katanya, krisis keuangan global dan upaya agar Korea Utara meninggalkan program senjata nuklir-nya akan menjadi agenda utama Clinton di Tokyo, Seoul dan Beijing.

Dia menambahkan, Clinton telah memilih mengunjungi Indonesia pada lawatan pertamanya ke luar negeri karena dia ingin mengulurkan tangan kepada dunia Muslim.

Wood mengemukakan Indonesia adalah negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Dalam pidato pelantikannya Obama berjanji akan mengupayakan pendekatan baru dengan dunia Muslim. Beijing akan menjadi persinggahan terakhir Clinton dalam lawatan seminggu ke Asia itu.


XS
SM
MD
LG