Tautan-tautan Akses

Pendapatan Nasional Rusia Merosot 40 Persen


Menteri Keuangan Rusia Alexei Kudrin mengatakan pendapatan nasional negara itu akan merosot 40 persen tahun ini karena krisis ekonomi dunia. Kepada anggota parlemen menteri itu mengatakan proyeksi pendapatan sekarang ini 185 milyar dollar, bukan 300 milyar seperti perkiraan sebelumnya.

Kudrin dan para pejabat lainnya menyebut penyebab masalah keuangan itu adalah keanjlokan tajam yang tidak diperkirakan atas harga minyak.

Menteri Pembangunan Ekonomi Elvira Nabiullina mengatakan krisis itu mengungkapkan kelemahan keuangan Rusia, termasuk investasi yang menurun. Katanya sekitar seperempat investasi dibiayai dari luar negeri, sementara seperenam datang dari negara, yang bergantung pada keuntungan minyak.

Nabiullina mengatakan Rusia tidak memiliki sumber pertumbuhan domestik yang mencukupi. Katanya pemerintah meningkatkan anggaran belanja tetapi tidak memiliki waktu untuk me-modernisasi dan men-diversifikasi ekonomi.

Sementara itu nilai mata uang rubel terus merosot terhadap dollar menjadi 40 rubel untuk satu dollar, penurunan 20 persen sejak November.



XS
SM
MD
LG