Tautan-tautan Akses

Utusan AS Inginkan Dibuka Perdagangan Komersial ke Gaza


Utusan Amerika Serikat ke Timur Tengah George Mitchell mengatakan satu-satunya jalan untuk menghentikan penyelundupan senjata ke Gaza adalah mengizinkan barang-barang komersial memasuki wilayah Palestina itu secara legal.

Berbicara setelah pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas di Tepi Barat, Mitchell mengatakan Otoritas Palestina harus dilibatkan dalam menyusun mekanisme untuk membuka sejumlah penyeberangan bagi lalulintas komersial.

Mitchell melakukan kunjungan resminya yang pertama ke kawasan itu untuk melakukan pembicaraan dengan sekutu-sekutu Amerika mengenai cara mempertahankan gencatan senjata yang kekal dalam konflik antara Israel dan Hamas. Dia tidak memiliki rencana untuk berbicara dengan para pemimpin Hamas, yang menguasai Gaza.

Kekerasan terpencar-pencar berlanjut. Israel membom yang disebut sebagai pabrik senjata dan terowongan gelap yang menghubungkan Gaza dengan Mesir. Terowongan itu digubakan untuk menyelundpkan persenjataan dan barang-barang komersial ke Gaza.

Sementara itu, pemerintah Israel telah mengusir dutabesar Venzuela, beberapa pekan setelah negara Amerika Latin itu mengusir para diplomat Israel dan memutuskan hubungan karena ofensif militer Israel di Jalur Gaza.

Kementerian Luar Negeri Israel hari Rabu mengatakan telah memerintahkan dutabesar Venezuela beserta staf-nya meninggalkan negara itu sebagai tanggapan terhadap keputusan Venezuela memutuskan hubungan. Mereka diberi waktu sampai hari Jumat untuk meninggalkan Israel.

Menteri Luar Negeri Venezuela Nicolas Maduro mengatakan kepada jaringan televisi Al-Jazeera yang berkedudukan di Qatar, Venezuela bangga Israel mengusir para diplomatnya. Dia menyebut para pemimpin Israel "kriminal" dan mengatakan tanggapan mereka "lemah" dan "terlambat".

Dia juga menolak tuduhan bahwa Venezuela mendukung kelompok militant Hamas, yang menguasai Gaza, atau kelompok militant yang berpangkalan di Libanon, Hizbullah, yang bertempur dalam perang singkat dengan Israel tahun 2006.

XS
SM
MD
LG